Penanggulangan Sampah di New York City

Ada hal yang menarik untuk jadi contoh bagaimana penanganan sampah. Yaitu adalah penaganan di Kota New York, USA. New York City terdiri dari lima wilayah, yaitu Manhattan, Queen, Brooklyn, Bronz dan Staten Island. Masing-masing kota mempunyai penanganan sampah  terpadu di masing-masing wilayahnya. Di kota ini ternyata penanganan sampahnya juga melibatkan perusahaan swasta. Meski begitu ada juga departemen yang mengurusi masalah ini, di sana dinamai Sanitation Department.
Sanitation Department ini bertugas, antara lain:sampah

  • Mengumpulkan sampah yang sudah ditaruh di trotoar, dibungkus dalam kantung plastik berwarna hitam, yang sudah dikelompokan menurut jenisnya. Seperti untuk sampah yang berbentuk kertas, buku-buku, karton dan lain-lain dikumpulkan ke dalam kantung plastik tersendiri. Sampah yang berjenis botol-botol juga dikumpulkan tersendiri. Semuanya dipisahkan terlebih dulu sambil menunggu waktu sampah-sampah itu diangkut.
  • Sampah yang tadinya sudah dikumpulkan akan diangkut sesuai jenisnya, dan pisahkan sesuai hari yang berbeda. Misalnya untuk sampah kertas dll diangkut hari Senin, begitu pula dengan jenis sampah lainnya.
  • Bagi ada masyarakat yang mencampur isi sampah ke dalam satu kantung plastik maka akan dikenai denda $100.00
  • Bertugas juga membersihkan kota, tertutama soal kebersihan kota dari guguran daun-daunan pada musim gugur.
  • Petugas yang dipekerjakan adalah petugas-petugas yang handal. Mereka mulai beroperasi sejak subuh dengan maksud tidak mengganggu kelancaran lalu lintas. Ada prosedur yang harus mereka lakukan, yatu kerap menjaga kebersihan kendaraan dan peralatan mereka setiap selesai bekerja.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s